Bagaimana Pengusaha Yang Baik Mengatasi Stres?

Stres sering kali diakibatkan oleh aktivitas tingkat tinggi dalam jangka waktu yang lama. Kita merasa dipertaruhkan. Kita kewalahan dan cemas karena terus terlibat beberapa hal. Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental dan menjadi sukses dalam jangka panjang, penting untuk menemukan cara untuk mencegah berlanjutnya stres.

Langkah pertama adalah mengidentifikasi penyebab stres. Apakah stres Anda disebabkan oleh tenggat waktu? Akankah kebiasaan, sikap, atau kehidupan pribadi Anda menambah tingkat stres Anda? Setelah Anda mengidentifikasi sumbernya, Anda perlu menemukan cara untuk mengatasi perasaan stres. 

Temukan cara untuk memberikan diri Anda istirahat yang efektif sehingga Anda dapat memulihkan tenaga dan menyegarkan diri.



Bagaimana Pengusaha Yang Baik Mengatasi Stres Mereka

Berikut adalah lima cara pengusaha sukses menangani stres dan menjauhkan kelelahan.

1. Temukan status Zen Anda

Penting untuk menemukan cara untuk keluar dari hati dan membebaskan otak Anda dari pekerjaan. Menemukan Zen Anda pada dasarnya berarti menemukan keseimbangan dan membuat Anda merasa selaras dengan dunia di sekitar Anda. Ini adalah cara untuk merilekskan pikiran dan tubuh Anda.

Latihan pernapasan dalam dan meditasi adalah cara yang bagus untuk melakukan ini, dan teknik ini dapat dilakukan di mana saja. Meditasi berarti duduk dengan tenang dalam postur yang baik dan fokus pada satu hal, sering kali pada pernapasan.

Menarik napas dalam-dalam dan melepaskan memiliki efek pembersihan dan membuat Anda merasa ingin melepaskan beban. 

Tujuan dari sesi ini adalah untuk menjernihkan pikiran dan mencegah Anda terjebak dalam pikiran yang tak ada habisnya atau berkonsentrasi pada semua cerita yang berputar di benak Anda. Yang terpenting, jangan menilai sendiri. Ini adalah kesempatan untuk lebih memahami dan menerima diri Anda sendiri.

2. Tuliskan

Jangan meremehkan ketenangan yang muncul dari menuliskan apa yang mengganggu Anda atau menyingkirkan masalah di pikiran Anda. Ini bisa menjadi jalan keluar emosional yang penting dan membantu memperjelas.

Saat stres semakin membebani, para ahli menyarankan bahwa membuat buku harian adalah cara yang bagus untuk membantu Anda menghadapi emosi negatif. Diperlukan beberapa menit di malam hari untuk menuliskan pikiran dan perasaan Anda.

Jangan berpikir Anda perlu menjelaskan atau memulai dari awal. Menulis aliran kesadaran adalah cara yang bagus untuk melepaskan emosi dan membantu mengatasi tantangan kesehatan mental. Bahkan mempertahankan daftar tugas akan membantu Anda menghilangkan kotoran yang tidak perlu dan memberi Anda rasa tujuan.

Jika Anda merasa kewalahan dengan daftar yang tidak dapat diatur, rangking item Anda berdasarkan kepentingan dan pastikan semuanya seakurat mungkin.

3. Berkeringat

Pengusaha yang baik tahu bahwa melakukan latihan aerobik intensitas tinggi, atau bahkan sekadar jalan-jalan aktif, adalah cara yang bagus untuk melepaskan endorfin dan menjadi bersemangat. Studi menunjukkan bahwa olahraga adalah jalan keluar yang sangat baik untuk emosi negatif seperti amarah, frustrasi, dan kecemasan.

Satu studi menunjukkan bahwa orang yang membakar kalori setiap hari melalui olahraga cenderung tidak frustrasi dengan masalah pekerjaan orang-orang di sekitar mereka. Jadi, larilah, tembak beberapa rintangan di lapangan basket setempat, atau pergilah ke gym. Ingatlah untuk memilih aktivitas fisik yang Anda sukai sehingga Anda mematuhinya.

4. Sambut pagi dengan rasa syukur dan tujuan

Pernahkah Anda terbangun dengan perasaan stres bahkan sebelum bangun dari tempat tidur? Kemungkinan besar Anda pergi tidur dengan perasaan cemas dan kesal, jadi ketika Anda bangun, itu hampir seperti mengalami mabuk stres. 

Saat Anda bangun dengan perasaan kesal, cobalah meluangkan waktu beberapa menit di pagi hari untuk menumbuhkan rasa syukur.

Buatlah  jurnal rasa syukur tentang hal-hal yang Anda syukuri dan semua hal positif dalam hidup Anda. Ini hanya masalah mencatat pikiran dengan cepat - apa pun yang terlintas dalam pikiran yang memberi Anda kebahagiaan dan kegembiraan. 

Kemudian luangkan beberapa menit untuk menuliskan tujuan Anda hari itu. Ini akan membantu Anda menjelaskan dengan tepat apa yang harus difokuskan, sehingga Anda tetap produktif dan tidak membuang waktu untuk berpindah-pindah tugas.

5. Delegasikan apa yang Anda bisa

Anda tidak dapat melakukan semuanya, dan Anda tidak harus melakukan semuanya. Jika Anda mencoba membagi semua detail bisnis Anda, Anda akan mendapatkan terlalu banyak penyebaran. Terkadang Anda membutuhkan bantuan, dan tidak apa-apa. Faktanya, dengan menyerah pada tugas yang memakan waktu, Anda dapat menargetkan apa yang benar-benar perlu Anda fokuskan.

Sulit untuk melepaskannya, tetapi belajar mendelegasikan sangat penting untuk membebaskan diri Anda sendiri dan menjaga energi serta kreativitas Anda untuk hal yang benar-benar penting. Ini memungkinkan Anda menggunakan otak untuk proyek dan masalah yang membutuhkan perhatian cermat.

Ada banyak cara untuk melakukan outsourcing pekerjaan dan menghilangkan ketegangan. Coba gunakan asisten virtual yang dapat menjawab pertanyaan, menjadwalkan tindak lanjut, dan membalas email.

Baca juga